Sabtu, 21 November 2015

Pengenalan Bahasa Pemrograman

Assalammu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh,


      Selamat datang lagi di MFIslami's Blog! sekarang enaknya bahas apa ya? tapi tentunya saya gak mau bahas pahlawan ya, gak baik loh orang yang udah meninggal diomongin hehehe bercanda yaaaa. Oke mendingan kita bahas tentang bahasa pemrograman aja ya. Teman-teman tau apa itu bahasa pemrograman ? Bahasa pemrograman adalah aturan syntax dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan program komputer. Pengertian sederhananya yaitu, bahasa pemrograman adalah suatu aturan kata dan aturan logika yang digunakan untuk membuat sebuah program. Analoginya sih kalau kita misalnya ngasih suatu instruksi sama seseorang buat ngelakuin suatu hal dengan cara memberi perkataan yang bertujuan supaya orang itu ngelakuin sesuai sama instruksi kita.

       Fungsi bahasa pemrograman sendiri adalah membuat perintah kepada komputer untuk mengolah data sesuai dengan logika yang kita inginkan. Keluaran atau output dari hasil perintah yang kita susun itu disebut sebagai aplikasi. Misalnya kita ingin membuat sebuah aplikasi perhitungan yaitu kalkulator sederhana dan sebelumnya kita ngoding terlebih dahulu sebelum menjalankan aplikasinya karena code yang kita susun terdapat fungsi dan logika program yang membentuk aplikasi yang kita inginkan secara fungsional.



      Bahasa pemrograman juga punya klasifikasi tersendiri. Berikut adalah klasifikasi bahasa pemrograman :


1.) Bahasa Tingkat Rendah       :    Bahasa pemrograman yang sudah terdapat sedikit bahasa yang bisa                                                        dimengerti oleh manusia, seperti loop, sub, mov, jmp, dan cmp.

2.) Bahasa Tingkat Menengah   :   Bahasa pemrograman yang bahasanya lebih dimengerti manusia
                                                        seperti loop, sub, movcmp dan terdapat simbol ( !, %, &, =, #, ; )

4.) Bahasa Tingkat Tinggi         :    Bahasa pemrograman yang bahasanya semakin dimengerti
                                                        manusia.

Maka dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi bahasa pemrogramannya, maka semakin dimengerti manusia.

      Banyak sekali bahasa pemrograman yang sering digunakan para developer (pengembang) baik itu program komputer ataupun web. Khusus untuk web, terdapat bahasa pemrograman HTML, PHP, CSS, JavaScript, dan masih banyak lagi. Program komputer pun mempunyai bahasa pemrograman yang membangunnya, seperti C++, C # ( C Sharp ), C, Java, Phyton, Delphi, Pascal,Visual Basic dan masih banyak lagi.

      Proses penerjemahan bahasa pemrograman dibagi menjadi dua, yaitu :

1.) Interpreter
      -) Kesalahan tidak terdeteksi sewaktu program dieksekusi
      -) Program tidak perlu diubah menjadi file berekstensi .exe (executable)
      -) Kecepatan eksekusi lambat

2.) Compiler
      -) Kesalahan kaidah terdeteksi sewaktu program dikompilasi
      -) Program dapat dikompilasi menjadi executable
      -) Kecepatan eksekusi lebih cepat


      Gimana ? teman-teman udah ada gambaran kan apa itu bahasa pemrograman ? oh iya ada satu hal yang teman gak bisa perbuat dengan bahasa pemrograman, apa itu? buat puisi atau pidato hehehe kebayang deh kalau buat puisi atau pidato pakai HTML atau CSS atau bahasa pemrograman lainnya hehe pedes tuh mata hahaha. Nanti di postingan selanjutnya, In Shaa Allah saya akan membahas OOP ( Object-Oriented Programming ), yaitu bahasa pemrograman yang berbasis objek. Nah loh apa lagi itu ? nanti kita bahas ya di postingan selanjutnya ^^ 
                                                     
Wassalammu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh.

0 komentar:

Posting Komentar