Minggu, 29 November 2015

Bahasa Pemrograman OOP ( Object-Oriented Programming )







Assalammu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh,

      Selamat datang lagi di blog saya ! oke teman-teman kemarin kan saya sudah posting tentang perkenalan bahasa pemrograman, nah sekarang saya mau berbagi lagi ilmu saya yang sedikit ini tentang OOP ( Object-Oriented Programming ). Nah, apa sih itu OOP? oke kita mulai dengan definisinya ya !


1.) Definisi OOP ( Object-Oriented Programming )

     OOP adalah sebuah metode pemrograman yang berorientasi pada objek atau pemrograman yang didasarkan pada sebuah objek yang dibuat. Nah, apa itu objek yang dimaksud ? Objek adalah hasil cetak atau blueprint dari sebuah class atau bisa disimpulkan bahwa objek adalah sekumpulan objek-objek yang lebih kecil yang terdapat dalam suatu class. Nah loh apa lagi itu class ? Di dalam kelas sendiri terdapat property dan method sebagai pembentuknya. Yaudah deh daripada nanti bingung, berikut adalah penjelasan tentang class dan apa saja yang terdapat pada sebuah class :


  •       Class adalah sebuah penggambaran sebuah objek serta fungsi dari objek itu sendiri. Misalnya kita bisa analogikan class itu adalah sebuah laptop. Sebuah laptop memiliki ciri-ciri seperti memiliki merk, tombol on/off, memiliki keyboard dan ciri-ciri lainnya yang menggambarkan bahwa itu adalah sebuah laptop. Tentunya selain memiliki ciri-ciri seperti itu, laptop juga memiliki sebuah fungsi atau tindakan yang berlaku pada laptop itu seperti menghidupkan atau mematikan laptop dan membuat sebuah teks menggunakan keyboard.

  •        Property atau bisa juga disebut dengan atribut atau variabel adalah salah satu data yang terdapat di dalam class. Jika class itu adalah sebuah laptop, maka property adalah sebuah elemen yang menjelaskan tentang ciri-ciri mengenai laptop itu seperti memiliki merk,keyboard,layar,pemilik,dan ciri-ciri lain yang menggambarkan bahwa itu adalah sebuah laptop.

  •       Method adalah sebuah fungsi atau tindakan yang ada di dalam class. Jika class itu adalah sebuah laptop, maka methodnya adalah menghidupkan laptop,mematikan laptop dan tindakan lain yang bisa dilakukan pada sebuah laptop. 

       Gimana udah paham belum ? Yaudah yuk kita simpulin !




      Dari gambar di atas terdapat sebuah kotak besar yang menggambarkan sebuah class bernama 'Laptop'. Di dalam class 'Laptop' terdapat subclass bernama 'Laptop Islami', 'Laptop Fauzi', dan 'Laptop Muhammad'. Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa sebuah laptop mempunyai atribut atau property seperti keyboard, merk, layar, dan pemilik. Masing-masing Laptop mempunyai method yaitu menghidupkan laptop dan mematikan laptop. Kesimpulannya, Objek dari class 'Laptop' disini berarti mempunyai seluruh ciri-ciri laptop, yaitu property dan method. Pada proses pencetakkan sebuah objek sendiri disebut dengan instansiasi atau instantiation.



2.) Ciri-ciri dalam OOP 

  •       Encapsulation    : Pembungkus untuk menjaga proses program agar tidak dapat diakses
                                       sembarangan atau diintervensi oleh program lain. Jadi dalam proses
                                       encapsulation ini bisa dianalogikan sebagai obat yang dibubukkan yang
                                       dimasukkan ke dalam kapsul agar tidak tercampur dengan benda lain
                                       (steril).
  •       Inheritance         : Pewarisan sifat-sifat yang dimiliki sebuah class kepada subclass. Jika
                                         dianalogikan inheritance seperti seorang anak dengan orangtuanya,
                                         dimana si anak memiliki karakter atau perilaku yang sama dengan
                                         orangtuanya karena memiliki warisan sifat-sifat dari orangtuanya.

  •       Polymorphism    : Penggunaan method yang sama yang akan menghasilkan hasil yang
                                        berbeda tergantung dari class yang menggunakannya. Dalam analoginya
                                        polymorphism seperti seseorang yang gemuk dan seseorang yang kurus
                                        mengikuti lomba marathon dimana orang yang gemuk butuh waktu
                                        30 menit dan orang yang kurus hanya butuh waktu 15 menit. Padahal
                                        method yang digunakan adalah sama, yaitu berlari.

      Gimana udah paham belum ? udah lah sedikit-sedikit mah tentang apa sih itu OOP atau Object-Oriented Programming hehehe. Sekian untuk posting tentang OOP. Kalau teman-teman ada pengetahuan yang lebih mengenai OOP ini, boleh dishare di komentar ^^ syukron!


Wassalammu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh.







0 komentar:

Posting Komentar