Minggu, 09 Oktober 2016

Membuat Kalkulator Sederhana Pada Java ( IDE : Netbeans )


Assalammu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh,

      Haiiii teman-teman!! Yaaap selamat datang di blog saya!! Saya suka nulis tapi saya belum ngerti gimana caranya nulis sebuah tulisan di blog (maklum, masih awam) hehe…jadi saya nulis ‘sekarepku’ aja ya :D hehe…oh iya dalam tulisan kali ini saya mau berbagi postingan tutorial membuat aplikasi sederhana pada bahasa pemrograman java. Biasanya sih yang ‘kalkulator’ itu selalu dibilang aplikasi sederhana ketika kita belajar suatu bahasa pemrograman untuk desktop hehe...misalnya visual basic,Delphi,atau bahkan java yang sekarang kita akan pelajari. Oke langsung aja kita langsung meluncur ke topik pembicaraan.
      
      A.      Logika Kalkulator :




Bisa dilihat dari flowchart di atas proses dari pengoperasian kalkulator yang akan kita buat ini. Saat kita membuka kalkulator sampai kita mengoperasikan sebagaimana fungsi sederhananya yaitu untuk menjumlahkan, mengurangi, membagi, dan mengkali bilangan awal dengan bilangan yang kedua.
Pertama-tama, buka IDE sobat untuk mulai merancang form dan code java. Disini saya memakai netbeans. Teman juga bisa memakai eclipse. Saya asumsikan sobat telah menginstal IDE dan JDK nya di laptop atau PC sobat masing-masing. Namun jika belum, silakan lihat link berikut ini untuk proses instalasi JDK ( karena memang installnya gampang tapi perlu diketahui juga untuk mengatur path nya ) hehe.
      
      B.      Langkah-langkah              :

1.)    Buka netbeans
2.)    Pilih menu file -> new project -> pilih categories : java dan projects : java application
3.)    Tentukan nama untuk project sobat *jangan ada spasi*
4.)    Tentukan lokasi dimana project akan disimpan, uncheck pada text ‘create new class’ ( karena kita akan menjadikan JFrame Form sebagai main class. Lalu klik finish
5.)    Lalu klik kanan pada projects dan pilih new lalu pilih JFrame Form
6.)    Beri nama kelasnya tanpa menggunakan spasi, lalu klik finish
7.)    Pindahkan fokus ke design view untuk merancang form menggunakan component palette, tapi sebelumnya aktifkan dulu Window Navigator nya. Caranya menu Window -> Navigating -> Navigator
8.)    Design form kurang lebih seperti gambar berikut :




Ubah text yang tertampil seperti gambar di atas dan ubah nama variabelnya. Agar sobat tidak begitu pusing dengan penamaan variabelnya, sobat bisa sama dengan saya untuk penamaan variabel, yaitu :

·         btnAngka0 untuk angka 0
·         btnAngka1 untuk angka 1
·         btnAngka2 untuk angka 2
·         btnAngka3 untuk angka 3
·         btnAngka4 untuk angka 4
·         btnAngka5 untuk angka 5
·         btnAngka6 untuk angka 6
·         btnAngka7 untuk angka 7
·         btnAngka8 untuk angka 8
·         btnAngka9 untuk angka 9

·         btnKoma untuk input tanda koma
·         btnHapus untuk menghapus
·         btnTambah untuk tanda plus
·         btnKurang untuk tanda minus
·         btnKali untuk tanda kali
·         btnBagi untuk tanda bagi
·         btnSamadengan untuk tanda sama dengan
·         display untuk tampilan angka

9.)    Lalu klik kanan pada JFrame -> Set Layout -> Absolute Layout

10.)  Setelah kita merancang tampilannya, sekarang mari kita mulai coding-coding hehe :D

·         Ubah tampilan ke tab source di dokumen kalkulator.java
·         Tulis deklarasi variabel seperti di bawah ini

public class Kalkulator extends javax.swing.JFrame {
    String angka;
    double jumlah,angka1,angka2;
    int pilih;
·         Lalu pindah lagi ke tab Design dan Double klik pada button, atau juga bisa dengan klik kanan lalu pilih actions dan actionsPerformed. Nantinya ini akan berfungsi agar ketika user meng-klik button tersebut maka akan tereksekusi kodingannya.

angka +="x";
        display.setText(angka);

isi nilai x dengan angka 0-9 dan juga koma untuk button koma.

Untuk tombol Clear :

display.setText("");
        angka1 = 0.0;
        angka2 = 0.0;
        jumlah = 0.0;
        angka = "";


Untuk tombol operasi :

angka1 = Double.parseDouble(angka);
        display.setText("operasi");
        angka = "";
        pilih = x;

* operasi : untuk tanda operasinya
* x : sebagai pendanda kondisi diurutan berapa ketika kita nanti akan membuat kondisinya

Untuk tombol samadengan :

Untuk tombol samadengan ini terdapat kondisi yang mengatur berapa hasil yang diperoleh berdasarkan operasi apa yang telah dipilih oleh user pada kalkulator. Berikut adalah coding-annya :

switch (pilih){
            case 1:
                angka2 = Double.parseDouble(angka);
                jumlah = angka1 + angka2;
                angka = Double.toString(jumlah);
                display.setText(angka);
                break;
            case 2:
                angka2 = Double.parseDouble(angka);
                jumlah = angka1 - angka2;
                angka = Double.toString(jumlah);
                display.setText(angka);
                break;
            case 3:
                angka2 = Double.parseDouble(angka);
                jumlah = angka1 * angka2;
                angka = Double.toString(jumlah);
                display.setText(angka);
                break;
            case 4:
                angka2 = Double.parseDouble(angka);
                jumlah = angka1 / angka2;
                angka = Double.toString(jumlah);
                display.setText(angka);
                break;
               
            default:
                break;
        }

Dari coding-an itu terdapat case 1,2,3,4. Nah maksudnya itu adalah kondisi yang dikaitkan dengan operasi sebelumnya yang kita buat dengan variable ‘pilih’. Misalnya kalau sobat menempatkan operasi tambah pada nomor 1, maka sobat ketika membuat kondisinya, kondisi operasi pertambahan ada di case 1, begitu juga seterusnya sesuai nomor berapa operasi hitung yang sobat pilih.

·         Okee!!! Setelah kita coding-coding, sekarang kita bisa compile. Namun sebelumnya, kita tambahkaan beberapa aturan dulu untuk program yang kita buat.
·         Klik kanan di area (container) Desingn JFramenya --> Properties.
·         Isi title JFrame.
·         Uncheck resizable. Ini bermaksud agar pada saat program di Run user tidak bisa di mengubah panjang atau lebar window.






·         Lalu sekarang, kita atur JTextField nya
·         Klik kanan di komponen JTextField yang berada di dalam container JFrame --> Properties
·         Uncheck editable. Agar user tidak dapat memasukan karakter langsung dari keyboard. Menghindari karakter yang tidak diinginkan masuk ke display.
·         Horizontal Alignment ubah menjadi Right. Agar posisi angka menjadi rata kanan seperti kalkulator pada umumnya. 




 11.)   Nahhh sekarang kita run deh program kita. Klik run project atau tekan F6.





                  Sekian dan terimakasih ^^ mohon maaf bila masih ada kekurangan di postingan saya ini...maklum saya juga masih newbie dalam hal koding mengkoding :D SEMANGATTTT!!!!

Wassalammu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

0 komentar:

Posting Komentar