Assalammu’alaikum wa rahmatullahi
wa barakatuh,
Haiiii teman-teman!! Yaaap selamat datang
di blog saya!! Saya suka nulis tapi saya belum ngerti gimana caranya nulis
sebuah tulisan di blog (maklum, masih awam) hehe…jadi saya nulis ‘sekarepku’
aja ya :D hehe…oh iya dalam tulisan kali ini saya mau berbagi postingan
tutorial membuat aplikasi sederhana pada bahasa pemrograman java. Biasanya sih
yang ‘kalkulator’ itu selalu dibilang aplikasi sederhana ketika kita belajar
suatu bahasa pemrograman untuk desktop hehe...misalnya visual basic,Delphi,atau
bahkan java yang sekarang kita akan pelajari. Oke langsung aja kita langsung
meluncur ke topik pembicaraan.
A. Logika Kalkulator :
Bisa dilihat
dari flowchart di atas proses dari pengoperasian kalkulator yang akan kita buat
ini. Saat kita membuka kalkulator sampai kita mengoperasikan sebagaimana fungsi
sederhananya yaitu untuk menjumlahkan, mengurangi, membagi, dan mengkali
bilangan awal dengan bilangan yang kedua.
Pertama-tama,
buka IDE sobat untuk mulai merancang form dan code java. Disini saya memakai netbeans.
Teman juga bisa memakai eclipse. Saya asumsikan sobat telah menginstal
IDE dan JDK nya di laptop atau PC sobat masing-masing. Namun jika belum, silakan lihat
link berikut ini untuk proses instalasi JDK ( karena memang installnya gampang tapi perlu diketahui juga untuk mengatur path nya ) hehe.
B. Langkah-langkah :
1.)
Buka netbeans
2.)
Pilih menu file
-> new project -> pilih categories : java dan projects
: java application
3.)
Tentukan nama untuk project
sobat *jangan ada spasi*
4.)
Tentukan lokasi dimana project
akan disimpan, uncheck pada text ‘create new class’ ( karena kita akan
menjadikan JFrame Form sebagai main class. Lalu klik finish
5.)
Lalu klik kanan pada projects
dan pilih new lalu pilih JFrame Form
6.)
Beri nama kelasnya
tanpa menggunakan spasi, lalu klik finish
7.)
Pindahkan fokus ke
design view untuk merancang form menggunakan component palette, tapi sebelumnya aktifkan dulu Window Navigator nya. Caranya menu Window -> Navigating -> Navigator
8.)
Design form kurang lebih seperti
gambar berikut :
Ubah text yang tertampil seperti gambar di atas dan ubah nama variabelnya.
Agar sobat tidak begitu pusing dengan penamaan variabelnya, sobat bisa sama
dengan saya untuk penamaan variabel, yaitu :
·
btnAngka0 untuk angka 0
·
btnAngka1 untuk angka 1
·
btnAngka2 untuk angka 2
·
btnAngka3 untuk angka 3
·
btnAngka4 untuk angka 4
·
btnAngka5 untuk angka 5
·
btnAngka6 untuk angka 6
·
btnAngka7 untuk angka 7
·
btnAngka8 untuk angka 8
·
btnAngka9 untuk angka 9
·
btnKoma untuk input
tanda koma
·
btnHapus untuk menghapus
·
btnTambah untuk tanda
plus
·
btnKurang untuk tanda
minus
·
btnKali untuk tanda kali
·
btnBagi untuk tanda bagi
·
btnSamadengan untuk
tanda sama dengan
·
display untuk tampilan
angka
9.)
Lalu klik kanan pada
JFrame -> Set Layout -> Absolute Layout
10.) Setelah kita merancang
tampilannya, sekarang mari kita mulai coding-coding hehe :D
·
Ubah tampilan ke tab source
di dokumen kalkulator.java
·
Tulis deklarasi variabel
seperti di bawah ini
public class Kalkulator extends
javax.swing.JFrame {
String angka;
double jumlah,angka1,angka2;
int pilih;
·
Lalu
pindah lagi ke tab Design dan Double klik pada button, atau juga
bisa dengan klik kanan lalu pilih actions dan actionsPerformed. Nantinya ini
akan berfungsi agar ketika user meng-klik button tersebut maka akan tereksekusi
kodingannya.
angka +="x";
display.setText(angka);
isi nilai x dengan angka 0-9
dan juga koma untuk button koma.
Untuk tombol
Clear :
display.setText("");
angka1 = 0.0;
angka2 = 0.0;
jumlah = 0.0;
angka = "";
Untuk tombol
operasi :
angka1 = Double.parseDouble(angka);
display.setText("operasi");
angka = "";
pilih = x;
* operasi : untuk
tanda operasinya
* x : sebagai
pendanda kondisi diurutan berapa ketika kita nanti akan membuat kondisinya
Untuk tombol
samadengan :
Untuk tombol samadengan ini terdapat
kondisi yang mengatur berapa hasil yang diperoleh berdasarkan operasi apa yang
telah dipilih oleh user pada kalkulator. Berikut adalah coding-annya :
switch (pilih){
case 1:
angka2 =
Double.parseDouble(angka);
jumlah = angka1 + angka2;
angka =
Double.toString(jumlah);
display.setText(angka);
break;
case 2:
angka2 =
Double.parseDouble(angka);
jumlah = angka1 - angka2;
angka =
Double.toString(jumlah);
display.setText(angka);
break;
case 3:
angka2 =
Double.parseDouble(angka);
jumlah = angka1 * angka2;
angka =
Double.toString(jumlah);
display.setText(angka);
break;
case 4:
angka2 =
Double.parseDouble(angka);
jumlah = angka1 / angka2;
angka =
Double.toString(jumlah);
display.setText(angka);
break;
default:
break;
}
Dari coding-an itu terdapat case
1,2,3,4. Nah maksudnya itu adalah kondisi yang dikaitkan dengan operasi
sebelumnya yang kita buat dengan variable ‘pilih’. Misalnya kalau sobat
menempatkan operasi tambah pada nomor 1, maka sobat ketika membuat kondisinya,
kondisi operasi pertambahan ada di case 1, begitu juga seterusnya sesuai
nomor berapa operasi hitung yang sobat pilih.
·
Okee!!!
Setelah kita coding-coding, sekarang kita bisa compile. Namun
sebelumnya, kita tambahkaan beberapa aturan dulu untuk program yang kita buat.
·
Klik kanan di area
(container) Desingn JFramenya --> Properties.
·
Isi title JFrame.
·
Uncheck resizable. Ini
bermaksud agar pada saat program di Run user tidak bisa di mengubah
panjang atau lebar window.
·
Lalu sekarang, kita atur JTextField
nya
·
Klik kanan di komponen JTextField
yang berada di dalam container JFrame --> Properties
·
Uncheck editable.
Agar user tidak dapat memasukan karakter langsung dari keyboard. Menghindari
karakter yang tidak diinginkan masuk ke display.
·
Horizontal Alignment ubah
menjadi Right. Agar posisi angka menjadi rata kanan seperti kalkulator pada
umumnya.
11.) Nahhh sekarang kita run deh
program kita. Klik run project atau tekan F6.
Sekian dan terimakasih ^^ mohon maaf bila masih ada kekurangan di postingan saya ini...maklum saya juga masih newbie dalam hal koding mengkoding :D SEMANGATTTT!!!!
Wassalammu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.
0 komentar:
Posting Komentar